Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

By | April 16, 2016

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes – Anda sedang menderita diabetes ? dan anda sedang mencari informasi tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes ?. Tenang karena disini anda akan menemukan informasi tentang pantangan makanan untuk penderita diabetes.

Pantangan Makanan Untuk Penderita DiabetesBagi penderita diabetes asupan makanan sehat sangatlah penting akan menunjang pada kesehatan tubuh dan juga bisa mengontrol tekanan gula dalam darah mereka.

Penderita diabetes dituntut harus lebih hati hati dalam memilih makanan karena apabila salah dalam memilih jenis makanan maka akan berakibat buruk bagi tubuh penderita diabetes sendiri.

Penderita diabetes diharuskan untuk memilih makanan yang baik dan juga sehat untuk dikonsumsi suapaya kesehatan dan gula darah mereka tetap terjaga sehingga tidak memperparah penyakit mereka.

Apa itu diabetes ?

Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi. Sel sel dalam tubuh manusia membutuhkan energi dari gula (glukosa) untuk bisa berfungsi dengan normal. Yang biasanya mengendalikan gula dalam darah adalah hormon insulin.

Baca Juga : Jenis Olahraga Yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

Untuk mengontrol dan juga untuk mengatasi penyakit diabetes ini anda perlu menjalankan pola hidup sehat dan juga menjauhi makanan atau aktivitas yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah anda meningkat.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Untuk mengetahui makanan apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes berikut kami akan cobat sajikan beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Kafein

Pantangan Makanan Untuk Penderita DiabetesKafein adalah stimulan ringan alami yang ada dalam berbagai bahan makanan, termasuk kopi, teh, cokelat, dan minuman cola. Kebanyakan orang mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan.

Kafein merangsang suatu gelombang temporer dalam gula darah, menciptkan suatu peningkatan energi yang cepat. Akan tetapi, peningkatan gula darah memicu suatu lonjakan insulin, yang akhirnya menyebabkan suatu dentaman gula dalam hitungan jam.

  • Roti Tawar Putih

Pantangan Makanan Untuk Penderita DiabetesDiantara beberapa pilihan sarapan, roti merupakan salah satu pilihan yang tergolong praktis. Di indonesia, jenis roti yang paling banyak ditemui adalah roti tawar putih. Sayangnya, konsumsi roti jenis ini disarankan untuk dibatasi.

Amylum dalam roti tawar putih yang masuk ketubuh akan terpecah oleh enzim pencernaan dan dirubah menjadi senyawa glukosa. Senyawa ini akan denganc epat memasuki aliran darah dan menyebabkan kadar gula darah melonjak. Jika dibiarkan terus menerus, maka bisa saja muncul penyakit mematikan seperti diabetes.

  • Kentang Goreng

Pantangan Makanan Untuk Penderita DiabetesKentang goreng adalah yang dibuat dari potongan potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Kentang goreng ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena sangat berbahaya.

Bahaya kentang goreng adalah dapat menyebabkan diabetes melitus, hal ini dikarenakan kandungan minyak goreng dapat berubah jadi lemak jenuh. Bahayanya lemak jenuh sendiri seperti yang kita ketahui dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes.

  • Gorengan

Pantangan Makanan Untuk Penderita DiabetesDi indonesia gorengan adalah makanan ringan yang populer. Penjual gorengan dapat ditemukan di tepi jalan atau berkeliling dengan pikulan atau gerobak. Namun gorengan ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah minyak goreng yang digunakan berkali kali karena mengandung kolesterol yang semakin tinggi, kondisi itulah yang menyebabkan diabetes muncul.

  • Soda

Pantangan Makanan Untuk Penderita DiabetesKebanyakan dari kita sudah sering membeli dan mengkonsumsi minuman bersoda. Selain karena dijual secara umum, juga sering menjadi paket menu di beberapa restoran fast food. Tetapi minuman soda ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Selain soda yang mampu merapuhkan tulang, minuman ini rata rata dapat menyebabkan diabetes, karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi. Minuman soda sangat berbahaya dan menjadi pemicu utama diabetes.

Baca Juga : Makanan Yang Dapat Menyehatkan Penderita Diabetes

Diatas adalah penjelasan mengenai beberapa pantangan makanan untuk penderita diabetes, bagi anda yang menderita penyakit diabetes lakukan pola hidup sehat dan jauhi makanan maupun minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel tentang pantangan makanan untuk penderita diabetes semoga bisa membantu dan bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi penyakit diabetes.

~ Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes ~

Post By : Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *